Kisah Nabi Idris alaihissalam (AS)

KISAH NABI IDRIS AS.

Dia Buyutnya Nabi Ibrahim AS. atau bapaknya kakek nabi Nuh AS. dalam silsilahnya ia anaknya yarid. nama lengkapnya adalah Idris bin Yarid bin Mahlail bin Qainan bin Anusy bin Syit bin Adam AS.
Satu riwayat mengatakan bahwa Nabi Idris lahir di kota mesiir sekarang, yang tepatnya didaerah Al-Munaf. dan diriwayat yang lain mengatakan ia tidak dilahirkan di mesir daerah munaf, tetapi dilahirkan dan besar didaerah kota Babilonia. disanalah ia pernah bbelajar kepada nabi Syist putra nabi Adam AS.
SUHUF NABI IDRIS AS

a. 600 Tahun sepeninggal Nabi Adam AS. 

satu riwayat menyatakan bahwa nabi adam wafat di usia 1000 tahun, dan satu tahun berikutnya disusul meninggalnya ibu hawa wafat. sebagian riwayat menyatakan bahwa kuburan nabi Adam as. ada di tanah hindustan (india), dan ada yang menyatakan kuburannya di kota mekah (jeddah) dekat dengan kuburan ibu Hawa.

atiyah menyatakan, dimana kabar diterima dari Ibnu Abbas ra. bahwa umat islam sepeninggal nabi Adam AS. masih baik dan membawa imanm namun kira-kira 600 tahun sepeninggal nabi adam as. seluruh umat tidak bermoral, mereka seperti binatang, saling bunuh, dan saling bertengkar, serta merebut hak orang secara illegal.

Kemudaian Allah SWt. mengangkat seorang rasul yaitu Nabi Idris AS. ketengah-tenggah mereka, meneruskan perjuangan nabi Adam as. yang hampir dilupakan umat manusia pada saat itu.

b. Mendapat Gelar Asadul Usud

Dengan gagah berani nabi Idris AS. memberantas kaum yang durhaka kepada Allah. mereka diingatkan untuk kembali kejalan yang benar kejalan Allah yang dulu di jalankan oleh nai Adam AS. artinya nabi Idris AS. meneruskan estafet perjuangan nabi Adam as. tanpa takut, dan lelah oleh tantangan orang yang menentang. makanya beliau dikenal dengan sebutan Asadul Usud, ialah raja Singa dari segala singa.

c. Pertama kali memakai pakaian jahit

Perancang busana dunia akan mengangkat nama seorang yang paling berhasil menciptakan model pakaian, ini benar. tetapi harus diingat siapakah orang yang pertama kali merancang pakaian berjahit. inilah dia nabi allah Idris As. dimana sebelumnya ratiusan tahun hanya berpakaian kulit binatang buas yang diselipkan ditubuh. dialah nabi yang pandai dalam ilmu budaya. dialah yang pertama kali merancang pakaian berjahit, dan dialah juga yang pertama kali memanfaatkan kuda sebagai tunggangan serta pandai dalam perhewanan.
lagi pula nabi Idris As. banyak mempelajari suhuf-suhuf yang diturunkan kepada nabi Adam as. lalu ia sendiri diberi wahyu allah dengan shahifah (kitab) dia sangat pandai dan rajin membaca maupun menulis.

d. Sekarang hidup di Surga

Meskipun Nabi Idris as adalah nabi yang sabar dalam hidupnya, namun perjuangan dalam menegakan ajaran Allah banyak mendapatkan tantangan dan hambatan, namun dengan penuh perjuangan dan semangat akhirnya ia dapat meleewati segala rintangan dengan senyuman.
dalam sebuah riwayat, diceritakan nabi isa mencicipi kematian dan diangkat oleh allah ke surga, kenikmatan dan kebahagiaan yang ia rasakan, yang pada akhirnya nabi Idris As tidak mau kembali kedua, sehingga para kaumnya kehilangan penunjuk jalan kebenaran dan pada akhirnya mereka lupa ajaran-ajaran nabi dris dan hidup dalam kekacauan. namun ada 5 pengikut nabi Idris yang mengajarkan kebaikan keada kaum nabi Idris diantaranya. wad, suwa, jaguth, dan nasr. sepeninggal kelima orang tersebut pengikut nabi IDRIS AS. kembali kejalan kesesatan dengan membuat patung yang mirip kelima orang tersebut dengan tujuan untuk mengenang kebaikan dan kesalehan orang tersebut,, namuan apa yang terjadi waktu berganti bulan berlalu, tahun berjalan, yang akhirnya patung tersebut yang membuat mereka lupa akan keesaan Allah dan sekarang mereka menyembah patung kelima orang tersebut. banyak orang meminta kepada patung tersebut, maka dengan kemusrikan kaum nabi Idris as. tersebut, Allah menenggelamkan mereka setelah  6 abad kemudian. binasalah kaum nabi Idris yang Musyrik tersebut. hingga di angkatnya Nuh as sebagai Nabi.

(wallahu a'lam bis showab)
disadur dari kisah teladan 25 nabi dan rasul penerbit : "terbit Terang"

0 Response to "Kisah Nabi Idris alaihissalam (AS) "

Post a Comment

Komentar kawan-kawan agar sopan, serta tidak berbau sara..