Cara Menjadi Guru Hebat

Guru adalah sesosok manusia yang diberikan kelebihan untuk mentransfer ilmu kepada orang lain.ia berasal dari bahasa sansekerta yang artinya berat. Namun secara umum, Guru adalah pekerjaan profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, melatih, mengarahkan, menilai mengevaluasi  dan mentransfer ilmu kepada peserta didik. menurut uu no 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, Masyarakat yang ikut mengajar di kategorikan tenaga kependidikan. siapa itu tenaga kependidikan? adalah anggota masyarakat yang mengabdikan dirinya dan diangkat untuk menunjang pendidikan. sementara guru dikategorikan pendidik.apa itu Pendidik? pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan. jadi jelas bahwa guru itu memiliki kualifikasi sebagai guru. lalu bagaimana Cara Menjadi Guru Hebat?

Guru hebat bukanlah guru yang sudah memiliki sertifikat profesional, tetapi guru yang hebat adalah guru yang memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan guru-guru yang lainnya. ada beberapa kategori guru menurut kinerjanya :

1. Guru Wajib

Guru wajib adalah guru yang selalu dirindukan oleh anak didiknya dan juga stake holder yang berada di sekolahnya. ciri-ciri guru wajib adalah mereka yang bekerja dengan giat, tulus cara mengajarnya bagus dan memiliki dedikasi yang tinggi dalam mengembangkan pendidikan di sekolahnya. dalam bekerja, ia selalu berpikir bagaimana caranya membahagiakan ornag-orang yang berada disekelilingnya.

2. Guru Sunah
Guru sunah adalah guru yang kehadirannya tidak menjadi pokok bagi orang disekeliling sekolahnya. ciri-ciri guru sunah adalah mereka yang bekerja baik dan berdedikasi tinggi, namun setiap gerak-geriknya selalu dinilai dengan finansial.

3. Guru Makruh
Guru makruh adalah guru yang kehadiranya tidak diharapkan oleh orang lain disekolahnya. dengan ketidka hadirannya, orang-orang merasa nyaman dan tenang. ciri-ciri guru makruh adalah pandai mengkritik, dan selalu memberikan pandangan jika ia tidak senang, bukan karena benar atau salah, bermanfaat atau tidak. jika ia bekerja, pekerjaannya selalu terbengkalai.

4. Guru Mubah
Guru mubah adalah guru yang kehadirannya tidak berpengaruh terhadap sekelilingnya. ada atau tidkanya tidak berpengaruh. ciri-ciri guru mubah adalah bekerja hanya menggugurkan kewajibannya saja.

5. Guru Haram
Guru haram adalah guru yang kehadirnnya selalu mendatangkan masalah dan tidak diharapkan kehadirnnya oleh orang lain. ciri-cirinya adalah selalu berprilaku tidak baik dimana-mana, selalu membuat kacau keadaan.

itulah macam-macam guru menurut kinerjanya. termasuk manakah kita? silahkan sahabat-sahabat nilai sendiri.

Dari macam-macam guru diatas tentu kita berharap menjadi guru yang wajib. artinya kita berada di sekolah selalu dirindukan oleh semua orang, baik sahabat guru maupun anak didik.

Lalu bagaimana agar menjadi guru yang wajib? atau guru yang hebat....
Guru hebat adalah guru yang mampu menjadikan dirinya sebagai manusia yang memiliki 4 komponen secara nyata. coba kita lihat skema dibawah ini




Untuk menjadi gur hebat kita harus memiliki 4 karakteristik hebat juga. diantaranya : 

1. Kompetensi paedagogik

kompetentsi Paedagogik


Untuk Menjadi guru hebat yang harus dimiliki adalah kompetensi paedagogik, kemampuan dalam pengolahan dan pembelajaran peserta didik. apa saja yang harus dilakukan oleh guru hebat dalam kompetensi paedagogik. diantaranya : 

- Pemahaman terhadap Peserta didik, baik secara karakrter peserta didik, kemampuan peserta didik, latar belakang peserta didik. 
- Pemahaman Wawasan atau Landasan Pendidikan
- Perencanaan Pendidikan yang baik, seorang guru yang hebat akan merancang pembelajaran dikelas sebelum ia masuk kedalam kelas. hal ini dibuktikan dengan penyusunan administrasi diantaranya RPP dan silabus serta hal hal yang berhubungan dengan perencanaan 
- Pembelajaran yang Familier dan dialogis. kedekatan dengan peserta didik akan menjadikan pembelajaran lebih mudah diterima oleh siswa / peserta didik 
- Mampu Memanfaatkan Tekhnologi sebagai sarana atau media dalam pembeajaran 
- Adanya Evaluasi yang terukur dan terprogram 
- Mampu menggali Potensi Peserta didik sehingga siswa Mampu mengaktualisasikannya menjadi potensi yang hebat

2. Kompetensi Kepribadian

kompetensi Kepribadian
yang berhubungan denganKompetensi kepribadian, seorang gruru harus memiliki beberapa aspek diantaranya : 
- Kepribadian yang Stabil, Mantap, Dewasa, arif bijaksana, berwibawa, jujur dan berakhlak mulia
- Menjadi Teladan Bagi peserta didik. artinya karakter dan tingkanya selalu menjadi teladan yang baik, karena bertingkah laku mulia
- Mampu mengembangkan diri secara mandiri dan berkelanjutan, artinya setiap guru memiliki kemmapuan yang berbeda dengan yang lainnya, namun sebagai guru yang hebat ia akan menjadikan dirinya sebagai pribadi yang mandiri serta tidak berpangku tangan, serta mau mengembangkan dirinya untuk melengkapi segala kekurangan yang dimilikinya. kita sadari semua manusia memiliki kelemahan tetapi guru yang hebat berusaha dan menyadari akan kelemahannya sehingga ia akan berusaha untuk memperbaiki segala kelemahannya serta kekurangannya. 

3. Kompetensi Profesional
kompetensi profesional
Secara Kompetensi Profesional, guru yang hebat harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 
- Penguasaan Materi pembelajaran secara luas dan mendalam 
- Kemampuan akademik lainnya sebagai pendukung profesional
- Kemampuan membimbing peserta didik dalam memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan dalam standar pendidikan nasional 
- Kemampuan dalam menguasai dan mengemas materi pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan peserta didik serta jenjang dan jenis pendidikannya


4. Kompetensi sosial
kompenetsi sos


yang terakhir yang harus dimiliki oleh Guru adalah Kompetensi sosial, lalu apa yang harus dimiliki dalam memenuhi kompetensi sosial ini diantaranya : 
- Kemampuan  berkomunikasi baik secara lisan, tulisan maupun isyarat. 
- menggunakan tekhnologi komunikasi dan informasi secara fungsional 
- bergaul secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, pimpinan satuan pendidikan, orang tua wali peserta didik
- Bergaul secara santun dengan masiyarakat sekitar dengan mengindahkan norma-norma dan sistem nilai yang berlaku dimasyarakat.

Sebagai Guru pasti memiliki pilihan visi dalam mendidik. lalu bagaimana agar visi anda menjadi guru hebat. guru yang hebat adlah muaranya hanya menjadikan dirinya sebagai manusia yang mentransferkan ilmu nya melalui proses yang benar-benar dilaksakanan secara benar dan muara akhirnya adlah hanya mengharapkan keridhoan dari Allah SWT. lalu bagaimana dengan kita apakah seperti itu? semoga saja kita mampu menjadikan amal yang kita lakukan sebagai ibadah kepadanya







Inilah ciri-ciri Guru yang Hebat. Semoga kita mampu menjadi Guru yang Hebat

0 Response to "Cara Menjadi Guru Hebat"

Post a Comment

Komentar kawan-kawan agar sopan, serta tidak berbau sara..