Kisah Nabi Nuh Alaihissalam

Nabi Nuh adalah nabi yang kedua yang wajib kita ketahui. inilah sejarah singkat kehidupan nabi Nuh Alaihissalam. 




Nabi Nuh as. 

Nabi Nuh as. adalah keturunan ke 10 nabi Adam as. Ayah nuh Bernama lamik, lengkapnya Nuh bin Lamik bin Matu Syalih bin Idris. dialah salah seorang nabi yang pandai berhujah, fasih berbicara tajam pikiran dan cerdas akhlaknya sifat nya sabar dan sangat tenang.

antara nabi Adam dan nai Nuh as. berjarak 12 abad. disaat nabi nuh as diangkat menjadi rasul, kehidupan manusia sedang kacau. dimana ejahatan merajalela dan manusia tidak memiliki sifat kemanuasiaan.

1. Perjuangan Nabi Nuh as. adalah ancaman bagi para pembesar. 

Nabi Nuh as. termasuk rasul ulul azmi, yaitu rasul yang sabar dan kuat dalam menghadapi hardik dan ancaman kaumnya.

nabi nuh as. hidup ditengah kaum yang kehilangan syar'iyyah. undang-undang agama allah telah musnah setelah kurang lebih 1200 tahun sejak nabi adam as. mereka menyembah patung wad, suwa, yaghuts, ya'uuq, dan nasr. yang dianggap sebagai tuhan nenek moyang nya. mereka percaya bahwa patung-patung itu memberikan manfaat dalam kehidupannya selama 12 abad.

nabi nuh as. berusaha agar para kaumnya kembali ke jalan Allah. dengan berbagai perjuangan. nuh termasuk pandai berhujah menyampaikan risalah allalh. dengan fasihnya berpidato, bersama cara-cara yang mendasar dan mengena. dia adalah retorik terhebat dimasanya dan setiap penyampaiannya selalau masuk akal dan dapat diterima dengan mudah.

dalam perjuangannya nabi nuh mendapatkan tentangan dan rintangan dari para pembesar, dakwah yang disampaikannya tidak serta merta diterima oleh kaumnya, walaupun telah disampaikan secara baik dan muah dipahami, apalagi para pemilik harta, dan pemilik jabatan. mereka menentang dakwah yang dilakukan oleh nabi Nuh as.
namun nabi Nuh tidak pernah gentar malah makin giat berdakwah. tidak jera melakukan kegiatan keagamaan dengan berbagai cara, diantaranya berdakwah, diskusi, propaganda dan memberikan contoh akhlak yang baik kepada kaumnya. dengan harapan banyak yang mengikuti jejak nabi nuh as. sehingga pengikut nabi Nuh as bertambah menjadi 80 orang. namun para pembesar malah menantang dan mengajaknya berdebat. nabi nuh as tidak gentar.

c. Menciptakan kapal

Atas doa dan wahyu dari allah swt. sebagaimana tertuang dalam surah huud ayat 36-37.
akhirnya nabi nuh as membuat kapal sebagai wahyu dari allah swt. untuk menyelamatkan para pengikutnya bila datang siksa dari Allah. nabi nuh as  kehutan menanam kayu, untuk membuat kapal. dan nabi nuh menunggu bertahun-tahun sampai pohon tersebut besar dan dapat diolah untuk membuat kapal.

d. Bentuk Ukuran kapal 
Nabi Nuh as. membuat perahu selama dua tahun. panjangnya 300 dzira lebar 50 dzira, tinggi 30 dzira. terbuat dari kayu jati dijadikan tiga tingkat, dimana tingkat paling bawah berisi binatang-binatang liar, binatang-binatang buas, tingkat tengah berisi binatang melata, binatang ternak, dan tingkat paling atas manusia.

e. Banjir 6 Bulan
Tiba-tiba Allah swt. menurunkan hujan yang yang tiada henti dan banjir selama 6 bulan.
melihat air sudah memancar sebagai banjir dan topan akan melanda dunia, nabi nuh as. dan pengikutnya langsung memasuki kapal. dimana mereka berlawanan jenis. kapal nabi Nuh as mengangkut 80 orang, 40 orang laki-laki dan 40 orang perempuan.
anak nabi Nuh as yang durhaka dan tidak termuat dalam kapal adalah kan'an dan istrinya. sedangkan keluarga nuh yang selamat hanya syam, ham, dan yafist sekaligus istri mereka.

banjir semakin mengamuk, selama 6 bulan mengombang-ambingkan kapal nabi nuh as dan pengikutnya. tepat tanggal 10 muharam sekitar tahun 2370 sm. baanjir sudah surut bersama terdamparnya nabi nuh as dan pengikiutnya dipegunungan al-judi (armini). mereka turun dan selamat atas penjagaan dan wahyu Allah taala. wallahu a'lam bis showab.  

0 Response to "Kisah Nabi Nuh Alaihissalam"

Post a Comment

Komentar kawan-kawan agar sopan, serta tidak berbau sara..