Hati-hati dengan Aset Sekolah

Aset adalah segala harta yang kita miliki, baik dalam bentuk uang maupun barang. Dengan adanya aset maka kita akan menampakan harta kekayaan suatu lembaga.
Aset yang berbentuk barang, tanah, bangunan dan barang barang bergerak , harus kita jaga dengan baik. Apalagi aset milik negara, manakala kita tidak menjaga secara baik apalagi sampai hilang maka harus ada bukti fisik dan juga bukti administrasi. Jika barang itu rusak, maka harus ada bangkainya, jika hilang maka harus melampirkan surat kehilangan dari kepolisian.
Maka pihak sekolah harus dapat mempertanggung jawabkan secara transparan. Dalam pergantian kepemimpinan sekolah hendak nya seorang kepala sekolah harus melakukan beberap hal diantaranya:
1. Melakukan serah terima secara benar,
2. Memperhatikan kartu inventaris barang, agar di cek secara detail. Jika saja barang yang tertera dalam kib (kartu inventaris barang) harus ada di tempat. Sehingga sebagai kepala sekolah baru tidak lagi terbebani oleh hilangnya aset sekolah
3. Melakukan inventarisir secara benar. Baik administrasi dan aset-aset sekolah.

Jika suatu barang yang hilang, dan dalam kartu inventaris barang ada. Maka sekolah harus Mas mengupayakan adanya barang.
Jika saja barang itu tidak ditemukan juga, maka hati hati karena kita akan berhadapan dengan hukum.

Demikian sekilas info mengenai aset sekolah

0 Response to "Hati-hati dengan Aset Sekolah"

Post a Comment

Komentar kawan-kawan agar sopan, serta tidak berbau sara..