Kisah Nabi Hud Alaihis salam (AS)

Kisah Nabi Hud alaihissalam ini saya persembahkan untuk rekan-rekan semua semoga bermanfaat.

Nabi Hud as berasal dari silsilah sam. putra nabi Nuh yang menurunkan bangsa Aarab. persia dan romawi. beliau diutus oleh allah untuk kaum 'ad yang hidup di negara Ahqaap. antara daerah yaman dan umaan sekarang.


1. Keadaan kaum 'ad dan perjuangan Nabi Hud as.

Bangsa 'ad terkenal dengan kekuatan tubuh dengan fisik yang sangat besar, sebagaimana tertulis dalam al-qur'an surah al-a'raf ayat 69. "paling tinggi 100 hasta dan paling pendek 60 hasta".
Mereka tidak menyembah Allah tetapi menyembah patung-patung dari kayu maupun batu, kemudian mereka beri do'a do'a dan meminta kepada batu dan kayu tersebut agar diberi kemanfaatan. mereka semakkin memuja patung yang diberi nama oleh mereka : Al-haba, Shada, Shamud, dan al-hatar. dan kesesatan pun semakin nyata. Kemudian Allah ta'ala mengutus seorang utusan dari golongan mereka senndiri. nabi hud berusaha mengalihkan jalan keesatan yang mereka lakukan ke arah jalan yang baik dan benanr. dengan cara memperbaharui tauhid mereka.
seruan nabi Hud as. tertuang dalam dalam surah al-a'raf ayat 65.
"nabi hud berkata : " wahai kaumku! sembahlah Allah, bagimu tidak ada tuhan selain dia, apakah kamu tidak takut kepadanya"

Namun apa jawaban ad?
jangan percaya kepada hud, dia pembohong besar yakinlah apa yang kami lakukan adalah benar dan tidak menyalahi aturan nenek moyang kami" sahutnya.
dngan jawaban tersebut, mereka telah menyalahi aturan dan ajaran tauhid yang nyata-nyata kebenarannya.

2. Siksa Kaum 'ad 
kaum 'ad semakin sombong dengan menentang nabi hud as untuk mendatangkan siksa. mereka menganggap hud tidak akan mampu.
Allah menurunkan bencana yang dahsyat, langit berawan hitam, awan tersebutbak panah melesat menghantam bumi dengan suara deru memporak-porandakan pohon, rumah, gunung-gunung, bahkan kaum 'ad seperti kapas dihempaskan angin. mereka melayang-layang dan kejadian itu berlangsung selama 7 malam 8 hari.

sementara nabi hud dan pengikutnya selamat sekalipun berada ditengah-tengah badai yang menimpa mereka.
Nabi Hud dan pengikutnya hijrah ke hadrlmaut meninggalkan daerah yang sudah menyimpan siksa Allah. dan akhirnya nabi Hud wafat  disana (hadrlmaut). 

0 Response to "Kisah Nabi Hud Alaihis salam (AS) "

Post a Comment

Komentar kawan-kawan agar sopan, serta tidak berbau sara..