Masih Ingatkah Kita?


Tugu Kesaktian Pancasila

Pada tanggal 30 september 1965, ada kejadian yang sangat bersejarah untuk bangsa Indonesia. yaitu Gerakan Tiga Puluh September, atau yang lebih dikenal dengan "GESTAPU". dimana para Pemimpin-pemimpin ABRI di bunuh secara biadab dengan mengatasnamakan PKI (Partai Komunis Indonesia). kita tidak akan membahas benar atau tidak nya terjadi kejadian tersebut, tetapi kita akan membahas dari sisi sejarah nya saja. yaitu Peringatan 1 Oktober 1965. 

Pada Tanggal 1 Oktober 1965 tersebut telah terjadi suatu peristiwa penting, dimana dalam waktu semalam Angkatan Bersenjata Indonesia yang waktu itu di sebut dengan RPKAD (Pasukan Khusus) klo sekarang Kopasus, dapat Menumpas habis dan dapat menemukan mayat-mayat para pahlawan yang dibuang kedalam Sumur tua "Lubang Buaya". 

Kejadian tersebut diabadikan sebagai hari "Kesaktian Pancasila". Masih ingatkah kita siapa orang yang paling berjasa pada momen tersebut? anda pasti tahu. beliau adalah Presiden kedua Republik Indonesia (Soeharto). 


Apakah cukup hanya dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila? saya kira belum cukup. yang perlu dilakukan oleh generasi saat ini, selain memperingatinya adalah mengambil hikmah yang terkandung didalamnya. hikmahnya yaitu usaha yang sungguh-sungguh dalam memperjuangkan pancasila sebagai landasan ideal NKRI, berani untuk mempertaruhkan Harta, Keluarga serta Nyawa. saat ini kita dittuntut untuk mampu menjadikan Pancasila sebagai landasan berpijak dalam berbagai aktifitas, karena sesungguhnya pancasila adalah penjabaran dari "lokal Jenius" bangsa Indonesia yang memiliki adat ketimuran. 




Makna Pancasila



Panca berarti Lima 

Sila artinya Dasar. 
Jadi Pancasila adalah lima dasar yang menjadi pondasi bangsa Indonesia. isi dari pancasila adalah hasil dari buah pemikiran tim Sembilan dan sesuai dengan "piagam jakarta" (Jakarta Charter). 


1. Ketuhanan Yang Maha Esa 

2. Kemanusiaan Yang adil dan Beradab 
3. Persatuan Indonesia 
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan 
5. Keadilan Sosial Bagi seluruh rakyat indonesia. 



"demikian semoga Bermanfaat" saran dan kritik sangat kami harapkan. <Met>

0 Response to "Masih Ingatkah Kita?"

Post a Comment

Komentar kawan-kawan agar sopan, serta tidak berbau sara..