Batik Untuk Semua


Bertepatan dengan hari "Batik". ane mo nulis yang berkaitan dengan Batik.

Apa itu Batik?
Batik adalah sebuat singkatan dari kata "Amba" dan "Titik". dari bahasa jawa. amba artinya luas sementara titik ya titik.
jadi batik adalah seni menulis ditempat yang luas.

Pada masa dulu, membatik adalah sebuah pekerjaan tambahan yang dilakukan kaum hawa sebagai pekerjaan eksklusif. dengan bermodalkan canting, warna alami, dan juga kain yang luas, ibu-ibu menuangkan kreatifitasnya diatas kain. dibentuklah sebuah pola-pola indah dan menarik. pada masa dahulu, membatik hanya menggunakan "canting" yaitu alat tradisional yang digunakan untuk membatik.


Perkembangan Batik
Seiring berjalannya waktu batik bukan hanya dikenakan oleh kaum tradisional, bahkan sekarang merambah keberbagai macam Fashion. batik dapat di sandingkan dengan fashion yang sedang model disaat ini. para ahli desainar merubah cara pandang masyarakat terhadap batik, dengan mengaplikasikan batik diberbagai fashion yang sedang berkembang. dulu pengguna batik hanyalah ibu-ibu atau bapak-bapak, dan modelnya pun tidak bervariasi. tetapi saat ini, anak muda, anak kecil, bahkan orang-orang yang besarpun mengenakan batik disetiap kesempatan.

saat ini jenis-jenis batik sangat beragam, diberbagai wilayah di Indonesia, setiap daerah memiliki ciri khas bati masing-masing. salah satunya batik mega mendung dari cirebon, batik melayu dari daerah riau. dan lain sebagainya


Batik Diakui Oleh UNESCO 
Perjalanan Batik begitu panjang, hingga di suatu kesempatan dalam acara pertemuan yang dilakukan di Abu dhabi. yang dihadiri oleh kurang lebih 114 negara, batik secara resmi di Akui oleh badan yang menaungi pendidikan dan kebudayaan di dunia (UNESCO) sebagai Warisan Budaya non benda. indonesia patut bersyukur dan berbangga karena batik dapat diakui oleh seluruh Negara sebagai budaya bangsa Idonesia. mulai saat ini berbanggalah menggunakan batik disetiap Event-event.

0 Response to "Batik Untuk Semua"

Post a Comment

Komentar kawan-kawan agar sopan, serta tidak berbau sara..