WAKTU YANG BAIK UNTUK BELAJAR


Belajar bagi manusia adalah sebuah keharusan, dan kewajiban yang tertuang dalam perkataan Nabi Muhammad SAW. kita diwajibkan belajar dari mulai lahir hingga kematian menjelang. jika kematian telah tiba maka terputuslah kewajiban belajar Manusia. Namun pada kesempatan ini saya ingin membahas belajar dari sisi Peserta Didik (siswa). 
Manusia adalah makhluk "Padedagogik" makhluk yang dapat diajar dan dapat mengajar. jadi sebenarnya seluruh manusia dapat menjadi guru dan dapat menjadi murid. Seorang guru sebelumnya dia adalah seorang Siswa yang mendapatkan transferan ilmu dari gurunya. belajar tanpa guru bagai "Masuk Kehutan Tanpa membawa peta". bagaimana bisa sampai dengan selamat/cepat apabila kita tidak memiliki peta dan pemahaman tentang hutan yang kita masuki.  saat kita tidak memiliki peta, mungkin saja kita bisa sampai dengan selamat, tetapi memerlukan waktu yang sangat lama, nah begitu juga dengan seorang anak yang belajar sendiri tanpa ada bimbingan dari orang yang tahu dan faham,. atau bisa jadi dengan tidak membawa peta "si petualang hutan" akan tersesat entah kemana. itulah pentingnya seorang guru bagi anak. guru dapat diartikan adalah orang yang memberikan ilmu walau hanya satu huruf saja, walaupun ia memberikan arahan tanpa membimbing, tetapi mampu mengarahkannya dengan benar kepada anak didiknya. maka cukuplah sudah dapat diartikan sebagai "guru". 

Nah! Berbicara tentang belajar..... 
Tahukan kita arti Belajar? Belajar adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mencari tahu tentang sesuatu hal, ataupun mengulang sesuatu hal karena ditakutkan lupa. lalu Kapan Waktu yang baik untuk belajar?. baik, kawan-kawan saya akan sedikit memberikan saat yang tepat untuk belajar bagi "siswa". waktu yang baik untuk belajar bagi siswa diantaranya : 


1. Sebelum Tidur

Sebelum kita tidur, adalah waktu yang baik untuk belajar. Mengapa? karena disaat kita tidur maka seluruh syaraf kita bekerja dengan tenang, apabila sebelum kita tidur, mencoba untuk belajar biasanya pikiran-pikiran yang kita dapatkan sebelum tidur akan mudah masuk dalam emori ingatan kita, sehingga ia menempel lama didalam benak pikiran kita. oleh sebab itu saya sarankan kepada para orang tua unntuk mengarahka anak-anaknya belajar sebelum tidur. 




2. Waktu Pagi Hari (Sebelum Berangkat Kesekolah) 

Pagi hari adalah waktu yang baik untuk belajar, walaupun berat tetapi ini sangat berkhasiat dalam mentransfer ilmu pengetahuan kedalam otak kita. setelah kita terlelap tidur, lalu bangun maka pada saat itu otak kita akan kembali mencoba untuk mengingat-ingat memori yang tersimpan. nah pada saat itulah kita jejali otak kita dengan mentranfer ilmu dengan belajar. saya sendiri sudah melaksanakannya dan hasilnya sungguh menakjubkan. bagi bapak/ibu yang memiliki Anak, ajarkan mereka bangun pagi dan transferlah ilmu pengetahuan pada saat pagi hari. 


3. Saat Suasana Tenang

Saat Rumah/ kos kita tenang, saat itulah sebaiknya kita gunakan untuk belajar,  karena biasanya dengan kebisingan kita tidak mampu untuk berkonsentrasi, sehingga otak kita berpikir tidak tenang. usahakan belajar dengan tenang dan konsentrasi, tetapi ada juga Siswa yang bisa belajar dengan suasana kebisingan. belajar disertai dengan Mendengarkan musik. tidak sedikit siswa yang melakukan hal seperti itu, mampu memahami materi yang dipelajarinya. 

akhirnya sebagai kata terakhir dari saya, sebaiknya kita sebagai Orang Tua agar mampu mengarahkan anaknya untuk belajar agar memori dala otaknya terisi dengan ilmu pengetahuan. bukan terisi dengan hal-hal yang tidak bermanfaat bagi mereka. singkat kata "Belajar Kunci Kesuksesan" 


0 Response to "WAKTU YANG BAIK UNTUK BELAJAR"

Post a Comment

Komentar kawan-kawan agar sopan, serta tidak berbau sara..